Desa Nglondong, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung (29/07/2024) – Pelayanan publik yang prima menjadi prioritas Pemerintah Desa Nglondong dalam melayani kebutuhan seluruh warganya. Peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat salah satunya dilakukan melalui pelayanan administrasi yang ada di kantor desa. Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024, Anin Nur Farikha melaksanakan program kerja monodisiplin yang berkolaborasi dengan perangkat desa Nglondong dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penguatan informasi alur pelayanan publik dan syarat pendukung pengurusan dokumen dalam bentuk standing banner yang diletakkan di depan Balai Desa Nglondong.
Pelaksanaan penyusunan standing banner alur pelayanan publik ini dilakukan setelah Anin melakukan koordinasi awal bersama para perangkat desa yaitu dengan melakukan penyuluhan tentang pentingnya kejelasan alur pelayanan publik agar memudahkan masyarakat Desa Nglondong dalam mendapatkan pelayanan yang maksimal tanpa kebingungan. Selanjutnya yaitu melakukan koordinasi dengan Kepala Seksi Pemerintahan Desa Nglondong yaitu Ibu Khotimatus Solihah ST. terkait dengan syarat pendukung apa saja yang diperlukan dalam pengurusan dokumen.
Pengadaan Standing Banner Alur Pelayanan ini selain menjadi fasilitas penyampaian informasi, tetapi juga sebagai salah satu upaya untuk membentuk masyarakat memiliki pola pikir yang proaktif dan efisien dalam mendapatkan pelayanan publik. Dengan pemahaman mengenai alur pelayanan dan syarat dalam pengurusan dokumen, diharapkan dapat menjadi solusi dari hambatan-hambatan yang sering dialami masyarakat sehingga proses pelayanan publik dapat lebih efektif dan efisien.
Penulis : Anin Nur Farikha (14020121120004) – S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Dosen Pembimbing Lapangan : Khotibul Umam, S. S., M.Hum.
Lokasi : Desa Nglondong, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook